Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Kucing Persia Yang Benar

Cara Merawat Kucing Persia Yang Benar
Cara Merawat Kucing Persia Yang Benar

CARA MERAWAT KUCING PERSIA YANG BENAR - Halo teman-teman semuanya, kembali lagi di posting saya kal ini akan membahas tentang cara ampuh merawat kucing persia yang benar dan baik.

Kucing persia sangat banyak di minati oleh para pecinta kucing untuk dijadikan peliharaan di dalam rumah dan memang benar kucing ini tidak cocok jika di pelihara di luar rumah karena bulu kucing ini yang lebat dan banyak, berbeda jika di bandingkan dengan kucing liar.

Kucing jenis ini sangat sensitif terhadap kuman dan kotor, jadi Anda harus merawatnya dengan baik. Bulu yang tebal dan ukuran badannya membuat kucing persia membutuhkan perawatan khusus.

Nah, dibawah ini ada beberapa tips dan trikyang bisa Anda lakukan untuk merawat kucing persia yang benar.

Cara Merawat Kucing Persia Yang Benar :

Berikut beberapa hal yang harus Anda paham dan mengerti untuk bisa merawat kucing persia dengan baik dan benar adalah :

  1. Kandang Harus Terjaga kebersihan
  2. Tempat Dan Jenis Makanan, Minuman
  3. Memandikan Kucing Sampai Area Yang Sulit Dijangkau Seperti Daerah Bulu, Mata, Hidung
  4. Sediakan Pasir, Tempat Pasir, dan Serokan
  5. Berikan vaksin
  6. Gunakan Pellet Kayu Sebagai Alas
  7. Ajak Bermain

1. Kandang Harus Terjaga kebersihan

Anda harus meletakkan kandang kucing persia di ruang yang terbuka dan dapat di jangkau oleh sinar matahari. Kandang harus bersih dari kotoran juga bau yang tidak sedap karena kucing persia berbeda dengan kucing kampung.

2. Tempat Dan Jenis Makanan, Minuman

Karena kucing Persia yang memiliki wajah yang datar dan hidung yang pendek akan lebih menyukai mangkuk yang datar dengan pinggiran yang sangat rendah, atau tanpa pinggiran. Anda harus menghindari pemakaian bahan plastik untuk mangkuk makan, karena dapat menjadi tempat tumbuh bakteri.

Daging, seperti daging ayam, bebek, dan sapi, serta ikan (ikan tawar atau ikan laut). Daging bisa direbus dulu dan dicacah halus supaya lebih mudah dikunyah. Anda juga dapat menyediakan makanan buatan pabrik, Biasanya tersedia dalam dua jenis:

  • makanan kering
  • makanan basah/kaleng
Beberapa merek yang dikenal berkualitas baik adalah Royal Canin, Whiskas, Pro Plan, Me-O, Friskies, dan Maxi.

3. Memandikan Kucing Sampai Area Yang Sulit Dijangkau Seperti Daerah Bulu, Mata, Hidung

Setelah dimandikan jangan lupa keringkan bulunya dengan handuk bersih dan hair dryer. Lalu, sisir bulu-bulunya agar rapi dan mengangkat bulu-bulu yang sudah mati. Anda harus menggunakan jenis sikat terbaik seperti sisir yang berbahan logam dengan ujung meruncing. Hidung kucing Persia yang lebih pendek dapat lebih mudah untuk menjadi tersumbat karena kotoran.

Cara memandikan kucing Persia harus mulai dari penggunaan air yang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas, penggunaan shampo juga harus diperhatikan karena takutnya akan merusak bulu kucing persia yang lebat.

4. Sediakan Pasir, Tempat Pasir, dan Serokan

Dari dulu sampai sekarang pasir kerap dipakai sebagai medium mengurangi bau dan mengeringkan kotoran kucing, Anda dapat menggunakan pasir jenis zeolit. Usahakan bau kotoran kucing yang berada di pasir tersebut tidak boleh menyebar, jika Anda mencium baunya yang mulai agresif harap kotoran tersebut di ambil dan dibuang. Kalau tidak mengganti pasir ataupun membuang kotoran yang mulai berbau, bisa membuat kucing tidak nyaman dan stres karena kebersihan lingkungannya terganggu.

5. Berikan vaksin

Pemberian vaksin membantu menjaga kekebalan tubuh kucing. Jadi Anda sudah selangkah melindungi kucing persia Anda dari serangan virus atau penyakit lainnya.

6. Gunakan Pellet Kayu Sebagai Alas

Karena kucing persia itu memiliki bulu yang panjang dan cantik, oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kebersihannya. Karena ada bahan yang dapat menempel pada kaki atau bulu sehingga merusak bulu kucing persia.

Jenis pellet kayu dapat menjadi pilihan yang terbaik untuk alas kandang, sebab bahan kayu tidak menggumpal dan tidak menempel pada kucing.

7. Ajak Bermain

Yang terakhir adalah ajak kucing persia Anda jalan-jalan ataupun ajak bermain. Dengan begitu Anda sudah mengurangi stres yang dialami oleh si kucing dan tidak kalah pentingnya adalah Anda juga mendapat manfaat juga seperti menaikkan mood yang rusak dan membuat Anda merasa perasaan senang yang tiba-tiba muncul dalam diri Anda, itu baru sebagian kecil dari jutaan manfaat dari memelihara kucing.

Jadi, itulah beberapa tips dan trik dalam merawat kucing persia yang baik dan benar, semoga menambah wawasan Anda dan share ke teman-teman Anda yang memang harus mengataui informasi penting ini.

Post a Comment for "Cara Merawat Kucing Persia Yang Benar"