Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam - Macam Pisang Dan Gambarnya

Macam-Macam Pisang Dan Gambarnya
Macam - Macam Pisang Dan Gambarnya

Macam - Macam Pisang Dan Gambarnya - Selamat datang kembali di artikel kali akan di bahas tentang macam macam pisang yang sering kita jumpai di sekitar kita. Bagi warga Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan pohon pisang

Namun untuk jenis dari pohon pisang banyak orang belum mengatahuinya. Ada beraneka ragam jenis pisang di Indonesia, baik itu dijadikan bahan mentah untuk makanan, minuman, atau bisa juga untuk kosmetik.

Dari berbagai macam pisang yang tumbuh maka bermacam ragam pula kasiat yang terkandung di setiap pisang tersebut. Untuk lebih jelasnya di bawah ini kami sudah berhasil mengumpulkan dari berbagai sumber terpercaya tentang macam-macam pisang.

Nah, di bawah ini kami telah berhasil mengumpulkan beberapa macam macam pisang beserta gambarnya :

Macam Macam Pisang Dan Gambarnya :

1. Pisang Raja

pisang raja
Pisang Raja

Salah satu ciri pisang raja adalah buahnya yang melengkung ke atas, kulitnya tebal tetapi sedikit kasar, saat matang berwarna kuning orange, harum aromanya, legit dan manis rasanya, jika belum masak atau matang maka pisang raja berwarna hijau kemudian berubah warna menjadi kuning keemasan kalau sudah masak merupakan ciri khas dari buah pisang raja.

Salah satu keunggulan dari pisang raja adalah memiliki aroma yang harum dibanding jenis pisang lainnya. Dan memiliki ukuran yang tidak terlalu besar maupun kecil. Orang-orang  mengkonsumsi langsung tanpa terlebih dahulu digoreng ataupun direbus maupun dikukus. Dalam hal pengolahan pisang model seperti ini umumnya dijadikan keripik pisang atau pisang sale. Namun untuk pengolahan ini biasanya digunakan pisang yang belum matang atau yang masih berwana hijau.

Pisang raja memiliki nilai ekonomis tinggi, selain dikonsumsi pisang raja banyak digunakan untuk keperluan persyaratan upacara adat seperti pernikahan, selametan atau pesta merti desa.

2. Pisang Cavendish

Pisang Cavendish
Pisang Cavendish

Pisang Cavendish merupakan komoditas buah tropis, dalam dunia agrikultur modern banyak dikembangbiakan menggunakan metode kultur jaringan sehinga keunggulan dibandingkan dengan dari anakan adalah bibit kultur jaringan terbebas dari penyakit seperti layu moko akibat Pseudomonas solanacearum dan layu panama akibat Fusarium oxysporum cubense.

pisang ini asli berasal dari Indonesia yang ditanam di kebun milik grup Gunung Sewu Kencana yang berada di Lampung dan Blitar. Varian Pisang Cavendish Sunpride yaitu dalam bentuk satu sisir, Pisang Cavendish cluster, Pisang Cavendish Single, Pisang Cavendish pack Mini Banana, serta Pisang Cavendish Sunpride Highland Banana yaitu Pisang Cavendish pertama dan satu-satunya di Indonesia yang ditanam di dataran tinggi di atas 700 meter di atas permukaan laut.

Pisang Cavendish banyak dianggap sebagai buah impor karena kulit pisang yang relatif mulus serta warnanya yang kuning cerah. Kulit Pisang Cavendish Sunpride yang mulus adalah hasil dari perawatan sejak pembibitan, penanaman, panen, proses pengepakan hingga pengiriman yang memiliki standar tinggi demi menjaga kualitas produk hingga ke tangan konsumen.

3. Pisang Susu

pisang susu
Pisang Susu

Memiliki tekstur yang mirip sekali dengan pisang cavendish. cocok sekali untuk balita dan anak-anak karena memiliki ukuran yang paling kecil diantara semua jenis pisang. Kulit buahnya yang tipis, berwarna kuning cerah dan berbintik coklat kehitaman.

Sering dijadikan beberapa camilan seperti pisang keju susu, pisang kress vla susu, dan dadar gulung pisang cokelat. Buahnya yang melengkung tanpa siku, daging buahnya putih, manis, dan terdapat sensasi creamy layaknya susu cocok juga jika Anda memakannya secara langsung.

4. Pisang Ambon

pisang ambon
Pisang Ambon

Pisang Ambon dengan pisang Cavendish kalau Anda lihat sekilas memiliki penampilan serupa, baik dari segi bentuk, ukuran, cita rasa, maupun aroma. Walaupun demikian, tak sedikit orang berpendapat bahwasanya pisang Ambon memiliki cita rasa lebih manis dibandingkan jenis pisang Cavendish.

Karena dianggap lebih manis itulah, banyak orang mengira bahwa kandungan kalori jenis pisang Ambon lebih tinggi dibandingkan pisang Cavendish.

5. Pisang Kepok

pisang kepok
Pisang Kepok

Pisang kapok bertekstur tebal dengan daging buah berwarna krem dan halus serta  berwarna hijau ketika mentah dan kuning saat sudah matang. Umumnya jenis pisang ini akan lebih lezat jika direbus atau digoreng. Mengkonsumsi buah pisang kepok dapat mengatasi sembelit dan melancarakan sistem pencernaan. Pisang kepok sendiri banyak diolah seperti direbus atau dikukus. Dan biasanya dalam pengolahan, pisang kepok dijadikan bahan utama dalam pembuatan kue atau bolu.

6. Pisang Tanduk

pisang tanduk
Pisang Tanduk

Di kawasan negara ASEAN penyebutan pisang ini berbeda-beda. Kalau di Thailand disebut kluai nga chang sedangkan di Philiphina menyebutnya tindok. Pada sebagian negara di dunia menjadikan pisang ini sebagai makanan yang sangat penting seperti negara India sebelah utara, tengah dan timur, Afrika dan Amerika Tengah. Pisang tanduk memiliki panjang 25-35 cm dengan diameter 6-7 cm. Setiap sisirnya terdiri dari 10-15 buah dengan  berat bisa mencapai 7-10 kg. Jenis pisang ini tidak enak jika dikonsumsi langsung, namun akan berasa manis dan enak saat dimasak.

7. Pisang Nangka

pisang nangka
Pisang Nangka

Bukan tanpa alasan buah ini dinamai pisang nangka, karena buah ini merupakan hasil persilangan antara tumbuhan pisang dan nangka, lho. Kulitnya berwarna hijau dan tebal, baik dalam kondisi mentah maupun matang. Sementara daging buahnya berwarna kuning kemerahan.

Pisang nangka memiliki aroma yang harum dan tajam layaknya aroma buah nangka. Pisang ini juga termasuk dalam jenis pisang olahan, daging buahnya cenderung kenyal sehingga kurang enak apabila kamu makan secara langsung. Kamu dapat mengolahnya menjadi keripik pisang dan kolak pisang,

8. Pisang Mas

pisang mas
Pisang Mas

Sesuai dengan namanya pisang ini memiliki warna keemasaan saat matang dengan kulit yang tipis. Tekstur yang halus dengan daging buah yang beraroma harum dan manis. Sangat cocok untuk dimakan langsung dan digoreng. Selain itu, pisang mas berbentuk kecil dan terbilang mungil. Banyak di temukan pada acara-acara pesta, wirid ataupun kenduri sebagai makanan pencuci mulut. Selain rasanya yang manis, kulit pisang mas memiliki kekampuan menyerap racun-racun residu bahan-bahan kimia berbahaya. Sehingga pisang ini aman dan layak dikonsumsi. Apabila sudah matang pisang mas memiliki kulit yang tipis dan lengket. Manfaat buah pisang ini sangat baik bagi anak balita karena selain rasanya yang manis dan harganya yang cukup terjangkau dibandingkan dengan buah pisang lainnya.

9. Pisang Barangan

pisang barangan
Pisang Barangan

Ciri-ciri pisang barangan yaitu bertekstur lurus degan panjang sekitar 11 cm dan berdiameter 30 mm. Daging buah pisang barangan berwarna kuning sedikit putih, rasanya manis dan tidak berbiji. Pisang ini biasanya disajikan sebagai makanan pencuci mulut pada acara-acara pesta. Pisang barangan merupakan komoditi unggulan di wilayah Sumatera Utara terutama di Kabupaten Deli Serdang. Pada buah pisang ini memiliki kandungan gizi yang cukup untuk tubuh, diantaranya adalah setiap 100 gram pisang barangan mengandung energi 110 kal, karbohidrat 25,8 gr, protein 1,2 gr dan vitamin C 3 gr. Namun tidak hanya di Sumatera Utara saja pisang ini dibudidayakan tetapi juga beberapa daerah lain yang ada di Jawa mulai membudidayakan jenis pisang ini.

10. Pisang Tongkat Langit

pisang tongkat langit
Pisang Tongkat Langit

Namanya terbilang unik, pisang ini banyak ditemukan di daerah Maluku. Hal yang unik dari buah pisang ini adalah tandan buahnya yang menuju keatas kemudian warna buahnya berwarna merah jingga. Menurut orang Maluku  pisang ini sebagai obat yang mujarab untuk penyakit kuning. Setiap sisirnya pisang ini meliki berat 1,2 kg dan panjang setiap buahnya 20 cm dengan diameter 13 cm.

11. Pisang Lampung

pisang lampung
Pisang Lampung

Pisang lampung hampir serupa dengan pisang mas. Hanya saja perbedaannya terletak pada ujuang buahnya. Jika diperhatikan dengan baik ujung pisang lampung lancip sedangkan pisang mas tumpul. Setiap tandannya pisang lampung terdiri dari 6-8 sisir dengan tiap sisir terdiri dari 18-20 buah. Jenis pisang ini dapat disajikan sebagai makanan pencuci mulut karena rasanya yang manis dan aroma yang harum.

12. Pisang Awak

pisang awak
Pisang Awak

Pisang awak setiap tandannya terdapat 18 sisir dengan setiap sisir bisa mencapai 11 buah. Panjang pisang ini sekitar 15 cm dengan diameter 4 cm, saat matang buah ini akan berwarna putih kekuningan dengan berat rata-rata 67,5 gram. Bagi ibu yang memiliki bayi,   disarankan untuk memberikan pisang awak ini untuk balitanya. Sebab pisang ini sangat bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan balita.

13. Pisang Kapas

pisang kapas
Pisang Kapas

Jenis pisang ini hanya cocok untuk produk olahan. Karena aromanya yang kurang namun rasa pisang ini manis. Setiap sisirnya terdiri dari 15 buah. Panjang buahnya mencapai 6 cm dengan bentuk kulit yang cukup tebal dan berwarna kuning dengan sedikit berbintik hitam. 

14. Pisang Kidang

pisang kidang
Pisang Kidang

Pisang kidang terkenal dengan warnanya yang merah jingga  dengan daging buahnya warna putih. Umumnya pisang jenis ini dijadikan makan pencuci mulut karena rasanya yang manis dan aromanya yang harum. Setiap tandannya terdiri dari 5-7 sisir dengan tiap sisir berisi 13 buah. Setiap buah meliki berat 120 gr dengan panjang 12 cm.

15. Pisang Badak

pisang badak
Pisang Badak

Deskripsi pisang badak yaitu berwarna hijau kekuningan jika sudah matang. Kulit pisang badak sama dengan pisang kapok yang tebal. Bentuk buah pisang ini sedikit melengkung dengan ujung lancip. Rasa pisang badak manis dengan tidak memiliki biji. Setiap pohon pisang  badak bisa menghasilkan 180 buah pisang dengan rata-rata per buah 75 gram.

Itulah beberapa jenis dan macam macam dari pisang, semoga menambah wawasan Anda dan jangan lupa di sahre ke teman Anda yang belum tau.

Post a Comment for "Macam - Macam Pisang Dan Gambarnya"