Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bau Yang Tidak Disukai Tikus Rumah

Bau Yang Tidak Disukai Tikus Rumah
Bau Yang Tidak Disukai Tikus Rumah

Bau Yang Tidak Disukai Tikus Rumah - Selamat datang kembali di artikel kali ini akan di bahas tentang aroma atau bau yang tidak disukai oleh tikus.

Tikus itu sukanya bermain di tempat-tempat yang jorok, jadi jangan heran kalau bau badannya itu berbau busuk. Namun yang jadi masalahnya adalah tikus memakan segala makanan yang ada di depannya tidak peduli harum atau tidak makanan tersebut.

Walaupun begitu, tikus ini mempunya kelemahan terhadap bau tertentu, yang di mana mereka akan menjahui diri mereka dengan bau tersebut karena tidak nyaman.

Nah, dari pada makin penasaran bau apa sih yang tidak disukai oleh tikus. Yuk di simak sampai habis artikel ini sampai habis.

Bau Yang Tidak Disukai Tikus Rumah :

1. Bau Kimia Menyengat

  • Kapur Barus

Kapur barus mengandung bahan aktif yang disebut naftalena yang di mana sudah bertahun-tahun digunakan sebagai pencegah hama serangga perusak pakaian seperti ngengat atau gegat. Walaupun tingkat kapur barus dalam mengusir tikus sangat kecil.

Zat kimia naftalena yang terkandung dalam kapur barus sangat dibenci oleh tikus., jika digunakan dalam jumlah besar, kapur barus bisa menjadi racun yang berbahaya bagi manusia. Seperti kasus yang bersumber dari jurnal National Pesticide Information Center (NPIC) mengungkapkan bahwa kapur barus dapat menghasilkan gas beracun yang dapat menyebabkan mual, muntah, sakit kepala, dan gangguan pernapasan. Jadi, harus selalu berhati-hati ya, Ma!

2. Bau Pemangsanya

Selanjutnya bau pemangsanya seperti kucing, musang, atau rakun sangat tidak disukai oleh hewan yang satu ini. Tikus yang mencium bau pemangsanya, cenderung akan pergi menjauh agar terhindar dari bahaya.

Dilansir dari The Journal of Neuroscience dan Behavioral Neuroscience, para peneliti menemukan bahwa bau dari kucing dan musang dapat menimbulkan respons stres yang kuat pada tikus. Memelihara kucing di rumah untuk mengusir hama, jadi tunggu apa lagi peliharalah kucing.

3. Bau Tumbuhan Alami

  • Peppermint

Anda bisa mencoba menggunakan semprotan beraroma peppermint dan menanam tumbuhan mint di rumah untuk membantu mencegah tikus datang. Karena dalam konsentrasi tinggi peppermint sangat ampuh dalam merusak indra penciuman tikus.

  • Aroma Kayu Putih

Aroma kayu putih sangat dibenci oleh tikus. Seperti penelitian yang diterbitkan pada tahun 2014 menemukan bahwa menyemprotkan larutan 5 persen hingga 20 persen minyak kayu putih dapat mengusir tikus rumah. Tikus akan menghindari makanan yang beraroma kayu putih, sehingga ia akan mencari makan di tempat lain di luar rumah.

  • Citronella Atau Serai

Selain dapat mengusir nyamuk ternyata bisa juga digunakan untuk mengusir tikus dari rumah. Dikarenakan aroma dari minyak kayu putih yang tidak di sukai maka Anda dapat menggunakannya untuk mengusir tikus dari rumah.

  • Bawang Putih

Bawang putih adalah dapat mengusir nyamuk atau lalat, karena memiliki bau yang kuat dan dipercaya mampu membuat tikus tidak mau mendekat menjadi senjata ampuh untuk mengusir tikus. Anda cukup menaburkan bubuk bawang putih atau meletakan irisan siung bawang putih di jalur yang biasa dilalui tikus atau di dekat produk yang Anda ingin jauhkan dari jangkauan hama tikus.

Nah itulah sedikit informasi yang bermanfaat tentang bau yang tidak disukai oleh seekor tikus dan bisa kita jadikan untuk mengusir tikus dari rumah. Bagikan artikel ini ke teman-teman Anda supaya mereka juga tau informasi penting ini.

Post a Comment for "Bau Yang Tidak Disukai Tikus Rumah"