Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Kucing Kampung Jadi Bagus

Cara Merawat Kucing Kampung Jadi Bagus
Cara Merawat Kucing Kampung Jadi Bagus

Cara Merawat Kucing Kampung Jadi Bagus - Selamat datang kembali di postingan kali ini akan di bahas tentang bagaimana sih cara merawat kucing kampung yang baik dan benar. Kucing kampung itu biasanya hidup di luar rumah.

Dan biasanya bisa bertahan dan mencari makanannya sendiri di luar rumah tanpa memerlukan perawatan khusus, namun kebanyakan orang sekarang sudah suka merawat kucing kampung karena kucing kampung tidak memerlukan pengeluaran yang besar untuk merawatnya.

Bahkan kucing kampung memiliki postur tubuh yang kecil membuat kucing tersebut dengan mudah bisa membersihkan dirinya sendiri dengan lidahnya.

Nah, dari pada penasaran bagaimana cara merawat kucing kampung dengan benar dan baik. Simak terus sampai habis pembahasan dibawah ini.

Cara Merawat Kucing Kampung Jadi Bagus :

Berikut beberapa hal yang harus Anda paham dan mengerti untuk bisa merawat kucing dengan baik dan benar adalah :

  1. Memberikan Makanan yang Tepat
  2. Cek Kesehatan Kucing Secara Berkala
  3. Memberikan Susu Kucing Kampung
  4. Ajak Kucing Makan Setelah Bermain
  5. Tempat Tidur yang Nyaman
  6. Mandikan Seminggu Sekali

1. Memberikan Makanan yang Tepat

Makanan cepat saji untuk kucing adalah dengan memberikan makanan kucing yang berkualitas tinggi, seperti Royal Canin. Walau makanan ini memiliki harga yang cukup mahal, akan tetapi cukup efektif untuk menaikkan berat badan kucing. Kalau Anda memilih makanan yang tidak memerlukan biaya mahal namun kandungan dan kasiatnya sama Anda bisa memberikan ikan tanpa bumbu yang sudah matang kepada kucing Anda, pasti Kucing kampung menyukai ikan ataupun dagingnya karena memiliki bau yang khas yang akan membuat nafsu makan kucing semakin bertambah.

Jangan berikan daging yang mentah atau setengah matang, sebab berisiko membuatnya terkena penyakit seperti toxo yang dapat mengurangi berat badannya secara drastis. Dan karena kucing kampung cenderung mempunyai kemampuan lebih mudah beradaptasi dan menerima segala jenis makanan seperti tulangan, namun jangan terus menerus memberinya tulang karena tidak akan membuat kucing tumbuh besar dan membuatnya susah gemuk. Berilah daging dan ikan karena kandungannya yang tinggi protein.

Anda juga bisa memberikan tempe rebus atau tempe goreng untuk kucing. Tempe menjadi salah satu makanan yang baik untuk kucing karena dapat membantu metabolisme tubuh kucing. Pada umumnya kucing kampung diberi makanan berupa nasi dan ikan pindang dengan ikan yang sedikit dan nasi yang banyak dengan harapan ia akan kenyang lebih lama. Sebenarnya hal tersebut kurang baik bagi kesehatannya seban akan menimbulkan kelebihan gula pada tubuhnya.

berikan nasi dalam porsi yang sesuai, misalnya ialah nasi seperempat piring ditambah dengan satu ikan pindang, hal itu jauh lebih ampuh untuk menggemukkan tubuhnya. Kucing tidak memerlukan banyak karbohidrat untuk aktivitasnya sehari-hari.

2. Cek Kesehatan Kucing Secara Berkala

Penyakit cacingan merupakan salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami oleh kucing kampung, yang menyebabkan sebagian besar nutrisi yang dikonsumsi oleh kucing Anda akan diambil dan dimakan cacing dan juga mengakibatkan badan kucing menjadi lebih kurus. Anda bisa memberikan obat cacing secara rutin 3 bulan sekali. Beberapa produk obat cacing di pasaran bisa Anda temui dalam berbagai bentuk, baik tablet maupun drop.

Memberikan madu merupakan vitamin alami yang baik untuk kucing, begitu pula dengan vitamin E dan minyak ikan. ketiganya membantu tubuh kucing kampung melawan berbagai penyakit, meningkatkan daya tahan tubuh, serta memaksimalkan pembentukan daging di tubuhnya, berikan vitamin vitamin alami tersebut secara berkala dengan dicampur ke dalam makanannya.

Vaksinasi sebagai bagian dari cara merawat kucing kampung merupakan salah satu cara mencegah penyakit terbaik untuk kucing kampung. Biasanya diberikan sejak kucing berusia 6 minggu dimana di usia ini daya tahan tubuh kucing masih rentan dan membutuhkan proteksi khusus agar kucing kampung Anda tetap sehat.

Berikut bebearapa vaksinasi yang bisa Anda berikan untuk kucing kampung Anda :

  1. vaksin distemper
  2. rabies
  3. hepatitis
  4. parainfluenza
  5. leptospira
  6. parvo
  7. corona.

3. Memberikan Susu Kucing Kampung

Biasanya susu khusus kucing merupakan susu yang rendah laktosa dan tinggi akan protein, kenapa tinggi protein karena kucing setiap harinya lebih banyak mengeluarkan tenaga sehingga membutuhkan protein yang banyak untuk dikonsumsi. Anda bisa mencari susu di toko terdeka di lokasi Anda.

Dengan memberikan susu kucing akan mencegah kucing Anda terhindar dari risiko diare dibanding dengan pemberian susu yang biasa diminum manusia. JAdi jangan samakan susu yang diminum manusia dengan kucing kampung ya.

Beri air minum yang berkualitas dan sehat yakni dari air yang matang, jangan biarkan ia minum air sembarangan yang tidak jelas kebersihannya. biasanya orang-orang sering memberi air yang tidak matang kan? alangkah baiknya kasih kucing Anda air matang.

4. Ajak Kucing Makan Setelah Bermain

Saat bermain atau bepergian membuat kucing kampung terkuras energinya sebab kucing memiliki naluri alami yaitu bertengkar dengan kucing lain yang tidak dikenalnya saat bertemu sehingga energinya dapat terbuang secara sia-sia. Jadi sediakan makanan yang berprotein supaya energinya kembali pulih.

Kucing kampung itu memang beda dengan kucing lain karena kehidupannya lebih agresif karena berkeliaran di luar ruang dan luar rumah. Sehingga tenaga yang dikeluarkan sangat banyak.

5. Tempat Tidur yang Nyaman

Berikan tempat tidur yang nyaman, setidaknya yang empuk dan bersih sehingga ia merasa betah di rumah dan tidak terlalu sering berkelana ke tempat lain. Menempatkan kucing di ruangan AC akan membuat aktivitas kucing hanya makan dan tidur, nah kemudian kucing kampung akan berkurang aktivitasnya sehingga membuat kucing menjadi lebih cepat gemuk. Dan mencegah kondisi bulu kucing lembap, Dengan kondisi bulu kucing yang tetap kering inilah yang akan membuat kucing terbebas dari segala penyakit kulit yang mudah menginfeksi kucing kampung.

6. Mandikan Seminggu Sekali

Mandikan kucing kampung Anda setidaknya seminggu sekali supaya tubuhnya terasa bugar dan segar. Gunakan sabun dan shampo khusus kucing ya kawan. Saat memandikan pasti Anda akan dicakar nah untuk mencegah Anda terkena cakaran kucing, Anda bisa memotong kuku kucing. Selain kuku, telinga kucing juga harus sering dibersihkan. Pembersihan telinga kucing dapat menggunakan cotton bud dan baby oil.

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan supaya Anda tau cara merawat dan memelihara kucing dengan benar. Jangan lupa share ke teman - teman Anda supaya mereka juga tau.

Post a Comment for "Cara Merawat Kucing Kampung Jadi Bagus"