Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Daun Pisang

Manfaat Daun Pisang
Manfaat Daun Pisang

Manfaat Daun Pisang - Selamat datang kembali di artikel kali ini akan di bahas tentang apa saja sih manfaat dari daun pisang dalam kehidupan sehari-hari.

Pisang memiliki daun yang sangat banyak manfaatnya, baik itu ibu rumah tangga yang menjadikan daun sebagai bahan masakan, sampai penjual pun menggunakan daun pisang sebagai alat pembungkus makanan tertentu.

Banyak kita temui di pasaran, daun pisang di jual oleh pedagang. Begitu diperlunya daun pisang ini, namun daun yang digunakan itu yang masih hijau kalau sudah tua maka sudah tidak bisa digunakan lagi.

Nah, dari pada dibuat penasaran. Yuk di simak sampai habis artikel ini yang sudah kami sediakan di bawah.

Manfaat Daun Pisang :

Daun pisang yang sudah kering juga memiliki beberapa kandungan yang masih dapat digunakan dalam bidang pertanian dan juga peternakan berikut penjelasannya :

1 . Media Tanam

Daun pisang yang sudah kering memiliki beberapa kandungan yang dapat digunakan sebagai media tanam. Kandungan dalam manfaat daun pisang kering ini di antaranya adalah protein, hemiselulosa dan lignin. Ketika kandungan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai media untuk budidaya jamur merang.

2. Membuat Kerajinan

Beberapa di antaranya adalah hiasan bunga dari daun pisang kering,  membuat kipas, hiasan dinding, dan beberapa kerajinan tangan lainnya. dengan memanfaatkan daun pisang kering untuk kerajinan, juga dapat meminimalkan limbah daun pisang kering.

3. Obat Radang Tenggorokan

Salah satu ramuan alami yang dapat mengatasi radang tenggorokan adalah rebusan daun pisang yang sudah kering. Cara membuat racikan daun pisang kering untuk mengobati radang adalah sebagai berikut :

  • Ambil daun pisang basah secukupnya dan cuci bersih
  • jemur di bawah sinar matahari hingga daun pisang dirasa sudah kering
  • Siapkan air panas, dan seduh daun pisang yang sudah kering tersebut
  • Selain diseduh, dapat juga daun pisang ini direbus hingga air rebusan mendidih
  • Tunggu hingga rebusan atau seduhan ini menjadi dingin.
  • Minum daun rebusan atau seduhan daun pisang ini sampai radang tenggorokan sudah sembuh.

Tanpa menggunakan obat kimia, bahan alami juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit. Penggunaan obat alami ini dirasa aman dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

4. Bahan Pakan

Selain protein, hemiselulosa dan lignin, daun pisang mengandung polifenol. Polifenol apabila dalam jumlah besar akan seperti daun teh, yang dapat menghasilkan aroma khas ketika menjadi bahan pelengkap pada makanan.

Dapat dijadikan juga sebagai bahan makanan ternak, akan tetapi harus dibuat dalam bentuk tepung. Proses pembuatan daun pisang menjadi tepung adalah sebagai berikut :

  • Siapkan daun pisang yang masih segar
  • Pisahkan daun pisang dari pelepah yang menempel
  • Jemur di bawah sinar matahari kira-kira dalam waktu 4 sampai 7 hari.
  • Giling daun pisang yang sudah kering tersebut hingga menjadi seperti tepung.

Tepung daun pisang ini memiliki kandungan seperti bahan kasar, protein kasar, lemak kasar, serat kasar dan nutrisi yang dapat dicerna. Keunggulan dari tepung daun pisang ini dapat digunakan untuk bahan pakan ayam.

Kandungan yang ada di dalam tepung daun pisang memiliki pengaruh yang baik untuk pertumbuhan ayam petelur. Selain itu, harga produksi dari tepung daun pisang ini relatif murah. Selain bahan pakan ayam, daun pisang kering juga dapat menjadi bahan pakan untuk sapi karena memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk sapi, memiliki kelancaran cerna sangat tinggi mencapai 73,5%.

5. Mengkilapkan Batu Akik

Batu akik merupakan jenis batu mulia yang sangat indah, namun perlu juga diperhatikan perawatannya agar selalu mengkilap dan cantik. Salah satu cara untuk mengkilapkan batu akik adalah dengan menggunakan daun pisang kering. Cukup dengan sering menggosokkan daun pisang kering ke batu akik, batu akik akan mengkilap kembali.

Nah itulah penjelasan singkat tentang manfaat daun pisang, semoga menambah wawasan dan jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman Anda supaya mereka juga tau informasi penting ini.

Post a Comment for "Manfaat Daun Pisang"