Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Jantung Pisang

Manfaat Jantung Pisang
Manfaat Jantung Pisang

Manfaat Jantung Pisang - Selamat datang kembali di artikel ini, pembahasan yang akan di bahas adalah berupa apa sih manfaat dari jantung pisang itu.

Seperti biasa, semua bagian pisang bisa di manfaatkan. Walaupun pisang terlihat lunak dan mudah di robohkan ternyata menyimpan banyak sekali kemanfaatannya.

Bagian jantung pisang menyimpan banyak sekali manfaat bagi siapa yang mau memakannya. Namun harus di masak dulu ya jangan di makan secara   mentah-mentah.

Nah, dari pada makin penasaran. Yuk di simak sampai habis artikel di bawah ini.

Manfaat Jantung Pisang :

Jantung pisang mengandung gizi jantung pisang, berikut ini kandungan jantung pisang yang ada pada setiap 100 gram : Kalori : 51 Kcal, Protein: 1,6 g, Lemak: 0,6 g, Karbohidrat: 9,9 g, Serat: 57 g, Kalsium: 56 mg, Fosfor: 73,3 mg, Zat besi: 56,4 mg, Tembaga: 13 mg, Kalium: 553,3 mg, Magnesium: 48,7 mg, Vitamin E: 1,07 mg

Menurut peneliti terdapat beberapa manfaat jantung pisang antaranya :

1. Untuk Penderita Diabetes

Manfaat jantung pisang yang satu ini bisa didapatkan dari pengolahan ekstraknya. Mengonsumsi ekstrak jantung pisang secara rutin selama 30 hari dalam jumlah tertentu, dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Tidak hanya itu, ekstrak jantung pisang juga berpotensi meningkatkan kadar hemoglobin total dalam darah.

Meski begitu, sebelum memasukkan ekstrak jantung pisang dalam asupan harian Anda, ingatlah untuk selalu berdiskusi dengan dokter.

2. Untuk Diet

Kandungan jantung pisang hanya terdiri sedikit kalori, karbohidrat, maupun protein di dalamnya.  Namun, makanan ini tinggi serat, sehingga akan membuat Anda kenyang lebih lama. Faktor-faktor tersebutlah yang membuatnya baik sebagai asupan bagi Anda yang sedang diet.

3. Tinggi Kandungan Antioksidan

Kandungan jantung pisang terdiri dari vitamin, flavonoid, dan protein. Ketiganya memiliki efek antioksidan yang baik bagi tubuh. 

Antioksidan yang terdapat pada ekstrak jantung pisang, dipercaya dapat menstabilkan radikal bebas yang bisa menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit kronis. 

Jadi, jantung pisang dapat berfungsi untuk mencegah penyakit, seperti kanker dan penyakit jantung.

4. Meredakan Gejala PMS

Manfaat jantung pisang yang dikukus dengan yogurt dan kelapa parut dipercaya dapat membantu untuk meredakan gejala PMS. Manfaat jantung pisang yang satu ini, didapatkan dari kandungan probiotik dan serat di dalamnya.

Kandungan jantung pisang ini akan membantu mengurangi gangguan pada saluran pencernaan dan mencegah pembengkakan.

Kandungan jantung pisang juga termasuk magnesium, yang merupakan antidepresan alami. Jadi, manfaat jantung pisang berpotensi untuk bantu memperbaiki suasana hati.

5. Mengurangi Perdarahan Saat Haid

Bagi Anda yang mengalami perdarahan cukup banyak saat haid, mengonsumsi jantung pisang yang telah dimasak bersama dengan 250 ml yogurt dinilai dapat mengatasinya.

Sebab, kombinasi kedua makanan tersebut dapat meningkatkan produksi hormon progesteron, yang dapat membantu meredakan perdarahan berlebihan saat haid.

6 . Meredakan Infeksi Bakteri

Sebuah penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa ekstrak jantung pisang dapat mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri Bacillus subtilis, Bacillus cereus, dan Escherichia coli, secara alami.

Bacillus cereus dan Escherichia coli adalah bakteri yang kerap menjadi biang kerok berbagai gangguan pencernaan, seperti diare, sakit perut, mual, juga muntah.

Tidak hanya bakteri, ekstrak jantung pisang juga dinilai berpotensi untuk menghambat pertumbuhan parasit Plasmodium falciparum. 

Parasit tersebut merupakan salah satu penyebab malaria. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat jantung pisang yang satu ini secara klinis.

7. Untuk Kesehatan Pencernaan

Karena kandungan jantung pisang kaya akan serat, baik yang larut maupun yang tidak. Serat yang mudah larut, dapat membantu meredakan penyakit irritable bowel syndrome (IBS). Sementara itu, serat yang tidak larut, dapat membantu mengatasi konstipasi kronis.

Nah itulah sedikit informasi yang dapat  di sampaikan di artikel ini, jangan lupa bagikan ke teman-teman kalian supaya mereka juga tau informasi yang penting ini.

Post a Comment for "Manfaat Jantung Pisang"