Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pisang Bengkok Seiring bertambah panjang

Pisang Bengkok Seiring bertambah panjang
Pisang Bengkok Seiring bertambah panjang

Pisang Bengkok Seiring Bertambah Panjang - Selamat datang kembali di artikel kali ini akan kita bahas tentang pisang yang berbentuk bengkok.

Pisang identik berbentuk lengkung seperti huruf C namun bentuk pisang tersebut diakibakan oleh beberapa faktor yang bisa kita lihat di dalam kehidupan sehari-hari kita.

Setelah pisang mencapai panjang tertentu biasanya mulai membentuk bengkok, semakin panjang buah pisang maka semakin besar kemungkinan buah pisang tersebut melengkung atau membengkok.

Nah, dari pada makin penasaran kenapa pisang berbentuk bengkok yuk di simak sampai habis artikel ini.

Pisang Bengkok Seiring Bertambah Panjang :

Awal mulanya pisang tumbuh dengan menghasilkan banyak buah dalam satu tangkainya yang disebut dengan tandan, berbicara kenapa buah pisang itu berbentuk lengkung karena buah pisang tumbuh mengarah ke atas, bukan menggantung ke bawah seperti buah-buahan lainnya.

Nah, bentuk dan pertumbuhan unik yang dialami pisang inilah mengalami fenomena yang disebut sebagai geotropisme negatif. Geotropisme adalah kecenderungan tanaman atau buah-buahan untuk tumbuh ke arah tertentu menuju arah gravitasi.

Pertumbuhan pisang yang melengkung ke atas ini ternyata disebabkan karena pisang pada awal mulanya ditanam di hutan hujan. Sesuai namanya, hutan hujan memiliki curah hujan tinggi dengan sinar matahari yang minim atau sedikit.

Jadi mulanya pisang itu berupa tunas yang muncul dari pseudostem (batang kuat di bagian tengah). Nantinya di bawah tiap kelopak bunga, mulai tumbuh sederet buah pisang kecil. Nah, begitu buah pisang makin besar, buah ini akan mengalami proses geotropisme negatif. Artinya, alih-alih tumbuh lurus menuju tanah, pisang bergerak ke arah matahari untuk mendapat cahaya.

Dole mengatakan hal ini terjadi karena pisang tumbuh di hutan hujan yang paparan sinar mataharinya minim. Jika mereka mengikuti arah cahaya minim yang menembus hutan hujan, pisang akan tidak seimbang dan terjatuh. Jadi, pisang 'terpaksa' tumbuh ke atas (membengkok) menuju arah sinar matahari dari atas. Bentuk pisang seperti inilah yang kini kita jumpai.

Nah itulah sedikit gambaran dari asal usul kenapa pisang bisa membengkok atau melengkung ketika panjang dari buah pisang tersebut bertambah.

Post a Comment for "Pisang Bengkok Seiring bertambah panjang"