Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Cara Menjinakkan Kucing Hutan

8 Cara Menjinakkan Kucing Hutan
8 Cara Menjinakkan Kucing Hutan

8 Cara Menjinakkan Kucing Hutan -
 selamat datang kembali di artikel kali ini akan di bahas tentang  bagaimana sih cara menjinakkan kucing yang hidup di hutan.

Hutan merupakan tempat yang luas dan liar jadi jangan heran kalau hewan yang berasal dari hutan itu lebih liar dari pada hewan yang ada di kawasan pemukiman warga.

Selayaknya kucing, kalau dia sering berinteraksi di alam bebas seperti hutan maka kucing tersebut juga akan menjadi liar seperti hewan lainnya.

Nah dari pada di buat penasaran dengan cara menjinakkan kucing hutan. Simaklah artikel ini sampai habis ya.

8 Cara Menjinakkan Kucing Hutan :

Anda dapat mengatahui kucing hutan dari ciri-ciri berikut antara lain memiliki postur tubuhnya lebih tegap, ramping, dan memiliki kaki yang panjang. Ukuran tubuh kucing jantan bisa mencapai bobot hingga 10 kg, sedangkan betinanya hanya sekitar 4–5 kg. Bentuk kepalanya besar dan agak panjang, tetapi lebih kecil dibandingkan porsi tubuhnya. Lehernya besar, panjang, dan berotot, proporsional dengan ukuran kepalanya. Hidung kucing hutan besar dan lebar dengan kulit hidung berwarna merah serta memiliki garis luar berwarna hitam.

Telinganya berukuran sedang dan menghadap ke arah depan. Matanya lebar dan bulat seperti buah almon, berwarna hijau atau amber. Pada umumnya, bulu kucing hutan berwarna dasar oranye dengan pola khas tertentu. Pada pundaknya, terdapat garis horizontal hitam dan pada ekornya, terdapat lingkaran seperti cincin dan ujungnya berwarna gelap. Jenis-Jenis Kucing Hutan di Indonesia adalah :

  • Kucing Bengal
  • Macan Dahan Benua
  • Kucing Batu
  • Macan Dahan Kalimantan
  • Kucing Emas Asia
  • Kucing Kuwuk
  • Kucing Hutan Jawa

1. Persiapkan Kandang

Persiapkanlah kandang yang khusus untuk kucing hutan, terutama kandang yang memiliki tempat tidur, tempat makan, tempat minum, tempat bermain. Dan usahakan letakan kandangnya nanti di tempat yang tidak terlalu terang.

2. Pelajari Bahasa Tubuh

Kucing hutan ataupun jenis kucing lainnya ketika dalam keadaan mau menyerang, santai, gelisah, galau, sakit, dan lain-lainnya akan menunjukkan bahasa tubuh melalui berubahnya tubuh seperti bulu berdiri, ekor berdiri, pupil mata membesar, dan lain-lainnya.

3. Lakukan Kitten Trick

Apa sih itu? trik ini adalah pola bermain dengan kucing dengan sebuah mainan kucing seperti, Anda memancing kucing dengan sebuah tali yang di gerak-gerakkan sehingga kucing akan menangkapnya. Namun Anda membiarkan kucing tersebut berhasil menangkap tali dan menggagalkan menangkap tali tersebut.

4. Berikan Makan Dengan Tangan

Dengan memberikan makan kucing hutan dengan tangan Anda maka akan berfungsi supaya kucing tersebut mengenal aroma tangan pemiliknya. Jika memang kucing hutan menggigit tangan Anda, yang harus kalian lakukan adalah tetap  tetap tenang dan jangan langsung menarik tangan Anda secara tiba-tiba, namun tariklah pelan-pelan tangan Anda.

5. Memberikan Hadiah

Dengan memberikan hadiah baik itu berupa mainan, makanan, ataupun hal yang membuat kucing hutan tertarik dan senang, maka akan membuat sifat agresifnya berkurang dan menjadi jinak.

6. Mengelus Dengan Lembut

Dengan sering mengelus kucing hutan maka akan membuatnya terbiasa menerima sentuhan. Jika berhasil, cobalah sering-sering memegang terutama di bagian kepala, leher, punggung, dan bawah perutnya karena bagian-bagian tersebut adalah bagian tubuh kucing hutan akan cepat jinak.

7. Memandikan Dua Kali Seminggu

Jika tahap tahap di atas sudah sukses semuanya Anda terapkan maka cobalah untuk memandikan kucing hutan dua kali seminggu. Memang kucing sangat takut dan anti air jadi berhati-hatilah saat memandikannya.

8. Memenuhi Kebutuhan

Nah sampai poin terakhir ini adalah memenuhi kebutuhannya terutama hal-hal di atas yang sudah dijelaskan. Dengan terpenuhi kebutuhannya maka kucing hutan akan cepat jinak dan cepat mengenal majikannya.

Nah itulah sedikit gambaran cara menjinakkan kucing hutan dan semoga bermanfaat. Bagikan artikel ini ke teman-teman Anda supaya mereka juga tau informasi yang penting ini.

Post a Comment for "8 Cara Menjinakkan Kucing Hutan"