Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Akar Bagi Tumbuhan

Fungsi Akar Bagi Tumbuhan
Fungsi Akar Bagi Tumbuhan

Fungsi Akar Bagi Tumbuhan - Selamat datang kembali di artikel kali ini akan di bahas tentang apa sih fungsi dari akar pada tumbuhan.

Akar merupakan bagian paling dasar dan paling inti bagi tumbuhan. Karena dari situlah zat-zat yang di butuh kan oleh tumbuhan melewatinya sampai nantinya tersalurkan ke bagian tubuh tumbuhan.

Pada dasarnya akar tumbuhan itu terbagi atas dua bagian yaitu akar serabut dan akar tunggal. Walaupun berbeda namun fungsi keduanya itu sama.

Nah dari pada menambah penasaran, yuk langsung saja di simak sampai habis artikel ini sampai tuntas.

Fungsi Akar Bagi Tumbuhan :

1. Sebagai Penopang Tumbuh

Salah satu fungsi terbesar dari akar adalah sebagai penopang tumbuh tegaknya tanaman. Akar tersebut akan mengembangkan dan memanjangkan akarnya waktu ke waktu supaya tanaman tersebut kuat tertiup jika ketika menghadapi kondisi angin atau terkena badai sekalipun.

2. Sebagai Penyerapan Air dan Hara

Air dan zat hara sangat di butuh kan oleh tubuh tumbuhan. Air dan unsur hara yang ada di dalam tanah akan di serap dan di bawa ke bagian tubuh. Perlu Anda ke tahu umumnya akar-akar mampu menyerap nutrisi organik dan anorganik dan hampir 80% tumbuhan memerlukan air sebagai suplemen kelangsungan hidup mereka.

3. Sebagai Penyimpanan Cadangan Makanan

Fungsi lainnya ialah sebagai cadangan makanan dan air. Tanaman yang dapat menyimpan cadangan makanan pada akar seperti wortel, ubi jalar, dan bengkuang. Akar yang mampu menyimpan sejumlah besar air misalnya akar-akar dari tanaman gurun yang mampu menyimpan lebih dari 70 kg air dalam jaringannya.

4. Sebagai Fotosintesis

Kita cuma tahu bahwasanya daun memiliki klorofil, akan tetapi akar juga memiliki klorofil dan dapat melakukan fotosintesis. Tanaman-tanaman seperti anggrek epifit dan akar pohon bakau mengubah karbon dioksida dan air menjadi karbohidrat. Kemampuan tanaman-tanaman tersebut juga merupakan salah satu fungsi akar pada tumbuhan yang tidak bisa dilupakan.

5. Sebagai Respirasi

Pada tanaman beringin akar dapat digunakan sebagai respirasi. Selain beringin juga ada akar tanaman tembakau dan tanaman lain yang hidup di akar. Akar yang termodifikasi fungsinya sebagai alat respirasi disebut pneumatophores. Struktur sel dan jaringan penyusun akar ini memungkinkan terjadinya difusi udara.

6. Sebagai Gerakan

Gerak tanaman selain tumbuh ke atas, akar juga dapat berkembang sebagai gerak tanaman. Melalui mekanisme gerak tropisme seperti geotropisme, fototropisme, tigmotropisme, kemotropisme, dan hidrotropisme, akar membantu tanaman untuk menemukan air dan hara dalam tanah. Fungsi akar bagi tanaman ini menunjang metabolisme tanaman untuk melakukan proses fotosintesis.

7. Sebagai Reproduksi

Ada sebagian tanaman yang tumbuh bereproduksi menggunakan akar. Seperti tumbuhan paku, tumbuhan ini tumbuh dengan tunas akar. Melalui perbanyakan vegetatif stolon dan rhizoma, tanaman memperbanyak dirinya, melakukan duplikasi, dan berkembang biak.

Itulah sedikit informasi mengenai fungsi dari akar bagi tumbuhan, semoga menambah wawasan Anda dan jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman Anda supaya mereka juga tahu informasi ini.

Post a Comment for "Fungsi Akar Bagi Tumbuhan"